Pendidikan arsitektur:
Tujuan pendidikan arsitektur

jurusan | pendidikan arsitektur



 

Standar lnternasional (UlA, 1997) untuk Profesionalisme dalam Praktek Arsitektural adalah:

  • Kemampuan menciptakan desain arsitektural yang memenuhi persyaratan estetik dan teknik.
  • Pengetahuan secukupnya tentang sejarah dan teori arsitektur dan keterkaitannya dengan seni, teknologi dan ilmu budaya.
  • Pengetahuan tentang seni rupa dan pengaruhnya terhadap mutu desain arsitektural.
  • Pengetahuan secukupnya tentang perancangan dan perencanaan kota dan ketrampilan keterlibatan diri dalam proses perencanaan.
  • Pengertian tentang hubungan manusia dengan bangunan dan antara bangunan dengan lingkungan dan perlunya menghubungkan ruang-ruang antar bangunan dengan kebutuhan dan skala manusia.
  • Pengertian tentang profesi arsitek dan peranannya di masyarakat, khususnya dalam persiapan ringkasan (brief) kebutuhan yang memperhitungkan faktor-faktor sosial.
  • Pengertian tentang metode penyelidikan (investigasi) dan persiapan ringkasan (brief) untuk proyek desain.
  • Pengertian tentang desain struktural, pelaksanaan konstruksi dan masalah-masalah rekayasa yang berkaitan dengan desain bangunan.
  • Pengetahuan secukupnya tentang masalah-masalah fisika dan teknologi sehubungan dengan fungsi bangunan sehingga dapat diperlengkapi dengan pengkondisian ruang interior demi pencapaian kenyamanan dan perlindungan terhadap iklim.
  • Ketrampilan yang menjadi prasyarat untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam batasan faktor biaya dan sesuai peraturan bangunan.
  • Pengetahuan yang cukup tentang industri, organisasi, peraturan dan prosedur yang terkait dalam terjemahan konsep perancangan ke dalam bangunan dan integrasi rencana-rencana secara menyeluruh.
  • Pendidikan diperkirakan dengan program purnawaktu selama lima tahun dan kemudian dilanjutkan dengan dua tahun magang (practical training, experience/internship).

Persyaratan untuk Akreditasi UIA

Taksonomi dalam pendidikan diberi makna unjuk kerja profesional dibagi tiga:
  1. Ranah Kognitif menjadi: Kesadaran
  2. Ranah Afektif menjadi: Pengertian
  3. Ranah Psikomotorik menjadi: Trampil/ketrampilan

UIA = Union Internationale des Architectes (IAI menjadi anggota dan harus memenuhi persyaratan yang berlaku


../jurusan ../mahasiswa ../kampus ../lain
pendidikan arsitektur
studio arsitektur
laboratorium arsitektur
kurikulum arsitektur


Copyright © 1998 Parahyangan Catholic University Department of Architecture.
All rights reserved. Last modified: August 28, 1998

redesigned and maintained by Uman Madiprasojo