DESKRIPSI SINGKAT MATAKULIAH
Program Studi Fisika

 

MKU 01-2 Pendidikan Pancasila 2 sks

(Pancasila Education)

Tujuan : Memantapkan kesesuaian sikap dan tata laku mahasiswa dengan dasar negara Pancasila

Pemahaman Pancasila dan UUD 1945 untuk dihayati dan diamalkan sebagai filosofi bangsa dan dasar negara, yang melandasi ketentuan hukum dan arah pembangunan nasional untuk menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

MKU 05-2 Ilmu Budaya Dasar 2 sks

(Basic Cultural Studies)

Tujuan : Mahasiswa memahami dasar-dasar budaya dan sejarah Indonesia, untuk dapat mengenali akar masalah bangsa dan jaman masa kini, sehingga dapat memiliki wawasan yang cukup luas dan merancang pemecahan masalah budaya secara mendasar.

Manusia dan kebudayaan; Kerangka kebudayaan; Fenomenologi; Delapan dari Tiga Belas aspek kemanusiaan; Latar belakang kebudayaan manusia; Sejarah perkembangan kebudayaan; Kontak budaya; Dampak kontak budaya; Kebudayaan nasional Indonesia.

Prasyarat : -

 

 

Pustaka :

 

 

MKU 08-2 Etika 2 sks

(Ethics)

Tujuan : Mahasiswa memahami akan tata laku yang baik dalam bermasyarakat, dan dasarnya, agar dapat menjadi warga negara yang baik.

Apa itu etika?; Kebebasan eksistensial dan kebebasan sosial; Kebebasan dan tanggung jawab; Otonomi moral berhadapan dengan tiga lembaga normatif; Kemutlakan suara hati, putusan dasar, dan putusan pilihan; Rasionalisasi kesadaran moral; Mengambil keputusan secara wajar; Tahap-tahap kesadaran moral menurut Lawrence Kohlberg; Pengantar ke etika normatif; Etika situasi lawan etika peraturan; Relativisme moral; Hedonisme, egoisme, dan etika pengembangan; Utilitarisme : jasa dan kekurangannya; Tiga prinsip etika normatif.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AMA 103-4 Matematika Dasar I 4 sks

(Basic Mathematics I)

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar kalkulus serta membangun pola berpikir yang logis, kritis, dan sistematis dalam menyelesaikan masalah sederhana dalam kalkulus.

Sistem bilangan real, pertaksamaan dan nilai mutlak, fungsi, limit dan kekontinuan fungsi, fungsi turunan, penggunaan turunan, grafik fungsi kontinu, diferensial, rumus taylor, fungsi dua peubah, ekstrem fungsi dua peubah dan penerapannya.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AFI 101-4 Fisika Dasar I 4 sks

(Basic Physics I)

Tujuan : Mahasiswa menguasai berbagai konsep serta prinsip-prinsip dasar fisika untuk mekanika dan termodinamika dalam bentuk deskripsi matematis dengan konsep vektor, fasor, kalkulus sederhana, serta integral vektor sederhana.

Kinematika dan dinamika partikel : deskripsi gerak (rumusan kinematik), hukum Newton, kerja-energi, momentum linear, impuls, tumbukan, konsep pusat massa. Kinematika dan dinamika benda tegar : konsep benda tegar, momen inersia, momentum sudut, momen gaya persamaan gerak. Mekanika fluida : statika fluida, fluida ideal, persamaan Bernoulli. Kalor : konsep kalor, perambatan kalor, teori kinetik gas, persamaan keadaan, hukum termodinamika, energi bebas, konsep entropi.

Praktikum Fisika Dasar I : Pengukuran Dasar, Pesawat Atwood, Elastisitas, Viskositas, Termodinamika.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

ITK 123-3 Kimia Dasar 3 sks

(Basic Chemistry)

Tujuan : Mahasiswa menguasai konsep dasar dalam stoikiometri, energetika kimia, struktur atom, ikatan kimia, sistem periodik, kinetika kimia, dan kesetimbangan kimia, untuk dapat memahami proses-proses kimia yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Stoikiometri : perkembangan hukum-hukum dasar ilmu kimia dan teori atom, perkembangan penentuan massa atom relatif, konsep mol, tetapan Avogadro, hubungan mol-massa dalam sistem kimia, stoikiometri dalam industri. Energetika kimia : termokimia (perpindahan energi dan perubahan kimia, Hukum Pertama Termodinamika, kalorimetri, stoikiometri, proses termokimia) dan arah reaksi (entropi, energi bebas, Hukum Kedua Termodinamika). Struktur atom, ikatan kimia, sistem periodik : perkembangan pengetahuan tentang struktur atom, konfigurasi elektron, sifat periodik, model ikatan kimia, bentuk molekul dan Teori Ikatan Kovalen. Wujud zat : sifat kimia gas dan hukum gas, zat padat dan struktur kristal. Kinetika kimia dan kesetimbangan kimia : laju dan mekanisme reaksi, peranan katalis dalam industri, sampai berapa jauh suatu reaksi kimia dapat berlangsung, aplikasi teori kesetimbangan dalam industri. Larutan dan kesetimbangan ion : Teori Asam-basa, pH, kesetimbangan ion dalam larutan, titrasi asam-basa, larutan buffer dalam sistem biologi.

Prasyarat: -

Pustaka :

 

AFI 100-2 Pengenalan Program Studi Fisika 2 sks

(Introduction to Physics Studies)

Tujuan : Mahasiswa dapat memperoleh gambaran umum mengenai program studi Fisika termasuk berbagai bidang keahlian yang tercakup dalam program studi Fisika, serta beberapa cara untuk mempelajari Fisika.

Topik-topik pilihan untuk menumbuhkan dan mengembangkan apresiasi dan minat mahasiswa dalam mempelajari Fisika.

Prayarat : -

Pustaka :

 

MKU 02-2 Kewiraan 2 sks

(Civics)

Tujuan : Mahasiswa memahami konsep wawasan Nusantara dan ketahanan nasional dan menyadari sikap dan tata laku sebagai warga negara Indonesia.

Pengantar; Wawasan Nusantara; Ketahanan Nasional; Polstranas; Polstrahankamnas; Sishankamrata.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

MKU 06-2 Ilmu Sosial Dasar 2 sks

(Introductory Social Studies)

Tujuan : Mahasiswa memahami akan stratifikasi dan dasar-dasar pergaulan dalam masyarakat, untuk dapat membawakan diri secara proaktif demi pengembangan masyarakat ke arah yang lebih baik.

Pengertian dan Kedudukan ISD dalam MKU; Nilai-nilai dasar ISD; Sistem sosial, struktur sosial, dan kelompok sosial dalam masyarakat Indonesia; Sistem sosial masyarakat Indonesia; Pelapisan sosial masyarakat Indonesia; Kemiskinan struktural masyarakat Indonesia.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

MKU 09-2 Bahasa Indonesia 2 sks

(Indonesian Language)

Tujuan : Mahasiswa dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan karya ilmiah.

Pengarahan umum; Fungsi dan ragam bahasa; Bahasa baku dan nonbaku; Ejaan; Tata kalimat; Bentuk dan pilihan kata; Paragraf; Penulisan Karya ilmiah; Bahasa dan tata tulis surat.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

MKU 03-2 Agama Katolik 2 sks

(Catholic Religion)

Tujuan : Memantapkan pengetahuan mahasiswa tentang dasar-dasar agama Katolik, agar mampu menerapkannya dalam hidup.

Dasar-dasar agama Katolik ; diskusi tentang penerapannya

Prasyarat : -

Pustaka :

 

MKU 04-2 Fenomenologi Agama 2 sks

(Phenomenon of Religion)

Tujuan : Menambah pengetahuan mahasiswa tentang konsep agama, asal-usul konsep agama, cirinya, dan tujuannya.

Pengantar umum ke dalam fenomenologi agama; Pemakaian istilah fenomenologi agama; Sejarah istilah; Fenomenologi agama dan sejarah agama-agama; Tokoh-tokoh besar dalam fenomenologi agama; Ciri-ciri pendekatan fenomenologi agama dan kritiknya; Pengalaman beragama; Agama dalam sorotan psikologi; Masalah kebebasan beragama; Dialog dan hubungan antar agama; Aturan permainan dalam dialog agama.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AMA 104-4 Matematika Dasar II 4 sks

(Basic Mathematics II)

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar kalkulus serta membangun pola berpikir yang logis, kritis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah sederhana dalam kalkulus.

Teori integral, fungsi transenden, teorema dasar kalkulus, teknik pengintegralan, integral tak wajar, penerapan integral untuk menghitung : luas daerah, volume, panjang busur, pusat massa, kerja, tekanan pada permukaan zat cair. Persamaan diferensial biasa orde satu dan dua serta penerapannya, integral lipat dua, transformasi ke koordinat kutub dan penggunaannya.

Prasyarat : AMA 104-4

Pustaka :

 

 

 

 

AFI 102-4 Fisika Dasar II 4 sks

(Basic Physics II)

Tujuan : Mahasiswa menguasai berbagai konsep serta prinsip-prinsip dasar fisika untuk listrik magnet, getaran, gelombang, serta fisika modern, dalam bentuk deskripsi matematis dengan konsep vektor, fasor, kalkulus sederhana, serta integral vektor sederhana.

Listrik Magnet : muatan listrik, gaya Coulomb, medan listrik, hukum Gauss, potensial listrik, kapasitor dan dielektrik, arus searah, hukum Ampere, medan magnet, hukum Biot-Savart, gaya Lorentz, hukum Lenz, hukum Faraday, arus bolak-balik. Getaran & gelombang : getaran dan gerak harmonik sederhana, gelombang mekanik dan gelombang EM, polarisasi cahaya, efek Doppler, inteferensi cahaya, difraksi kisi, inteferensi pada lapisan tipis. Fisika Modern : teori relativitas khusus, transformasi Lorentz, ekivalensi massa-energi, teori kuantum, teori atom Bohr.

Praktikum Fisika Dasar II : Osiloskop, Arus DC, Arus AC, Osilasi, Lensa.

Prasyarat : AFI 101-4

Pustaka :

 

ITK 124-3 Kimia Lanjut 3 sks

(Intermediate Chemistry)

Tujuan : Mahasiswa dapat menggunakan konsep-konsep kimia yang pernah dipelajari untuk memahami berbagai pokok bahasan seperti kimia larutan, elektrokimia, kimia unsur, kimia karbon, sains material, Ilmu Kimia dan Kehidupan, Kimia Lingkungan dan Kimia Inti. Mahasiswa juga mampu mengapresiasi dampak pengetahuan kimia dalam sains, teknologi, dan masyarakat, serta peranannya dalam industri kimia.

Sifat larutan dan kimia koloid : larutan dan konsentrasi, sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit, aplikasi sifat koligatif, peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari. Elektrokimia : reaksi redoks, sel elektrokimia, termodinamika sel Galvani, aplikasi sel Galvani dan sel elektrolisis. Kimia unsur : unsur-unsur non logam dan logam, peranan unsur-unsur dalam sains, teknologi dan masyarakat, zat-zat kimia anorganik dalam industri. Kimia karbon : gugus fungsi, senyawa C , C , C , C dalam industri, zat-zat organik dasar untuk industri. Sains material : metalurgi, logam dan paduan logam, material silikon (kaca, keramik, silikon murni dan chip), polimer. Ilmu Kimia dan kehidupan : protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat. Kimia lingkungan dan kimia inti : pencemaran air dan udara, zat beracun, industri kimia dan lingkungan, reaksi inti, aplikasi isotop.

Prasyarat: ITK 123-3

Pustaka :

 

AFI 211-4 Mekanika 4 sks

(Mechanics)

Tujuan : Mahasiswa menguasai deskripsi matematis untuk interaksi mekanik dengan berbagai jenis gaya dengan menggunakan formulasi Lagrange dan formulasi Hamilton.

Kinetika partikel satu dimensi, dalam bidang dan ruang, hukum Newton, pengaruh gaya yang tetap dan gaya yang bervariasi, teorema momentum dan energi, gaya konservatif dan energi potensial, gerak osilasi (sederhana, teredam, paksa), kinetika dan dinamika benda tegar, prinsip variasi, persamaan Lagrange, formulasi Hamilton.

Prasyarat : AFI 102-4

Pustaka :

 

AFI 221-3 Termodinamika 3 sks

(Thermodynamics)

Tujuan : Mahasiswa menguasai penerapan berbagai konsep dan aturan dalam termodinamika untuk menjelaskan berbagai gejala fisika, dan untuk memecahkan persoalan fisika yang menyangkut alih kalor pada sistem-sistem sederhana.

Ruang lingkup termodinamika, sistem termodinamika, keseimbangan termal dan temperatur, Hukum I Termodinamika, Hukum II Termodinamika (s/d energi bebas dan entropi), fungsi-fungsi termodinamika, proses-proses termodinamika, transisi fase, Hukum III Termodinamika, transisi fase (magnetik).

Prasyarat : AFI 102-4

 

Pustaka :

 

AIK 291-4 Komputasi Fisika 4 sks

(Computational Physics)

Tujuan : Mahasiswa memahami dan memiliki keterampilan dalam bidang komputasi secara umum dan khususnya dalam bidang komputasi fisika dengan komputer mikro.

Pengenalan komputer mikro, pengenalan bahasa Pascal Turbo, kata simpanan dan nama variabel khusus, kontrol untuk mengedit suatu program, analisis numerik berupa program-program sederhana, solusi persamaan linear variabel banyak, akar polinom dengan program Newton-Raphson, persoalan nilai eigen dan vektor eigen suatu matriks, menghitung integral tertentu dengan metoda trapesium & Romberg, iterasi dan kontrol aliran program, program pembantu file, program berantai.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AFI 261-4 Elektronika Dasar 4 sks

(Basic Electronics)

Tujuan : Mahasiswa menguasai berbagai konsep dasar dan prinsip-prinsip yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dalam elektronika, dengan melakukan analisa rangkaian.

Penguat inverting, Penguat Non-inverting, Penguat Jumlah, Tegangan offset, Tanggapan Amplitudo, Impedansi Masukan dan Keluaran, Komparator, Pengintegral op-amp, Pendiferensial op-amp

Prasyarat :

Pustaka :

Sutrisno, Elektronika : Teori & Penerapannya, jilid 2, Penerbit ITB, 1986

Malvino., Aproksimasi Rangkaian Semikonduktor, edisi 4, (terjemahan M.O. Tjia & M. Barmawi)

 

AFI 271-4 Fisika Matematika I 4 sks

(Mathematical Physics I)

Tujuan : Mahasiswa menguasai konsep dasar dan metode matematik yang banyak digunakan dalam fisika, yang berhubungan dengan deret, bilangan dan fungsi kompleks, matriks, kalkulus lanjut, pemodelan matematik dalam bentuk persamaan diferensial, dan pemecahannya secara analitis.

Aljabar, analisis vektor, deret, sifat konvergen-divergen deret, penggunaan matriks dan determinan untuk memecahkan persamaan linear simultan, rotasi koordinat, diferensiasi parsial, integral lipat, teorema divergensi, teorema Stokes, integral permukaan, deret Fourier : deret Fourier sinus dan cosinus, deret Fourier kompleks, persamaan diferensial biasa dan contoh pemakaiannya dalam fisika.

Prasyarat : AMA 104-4

Pustaka :

 

AFI 212-3 Gelombang 3 sks

(Waves)

Tujuan : Mahasiswa menguasai berbagai konsep dan prinsip yang berlaku untuk gelombang secara umum, yang kemudian diterapkan untuk mempelajari sifat-sifat propagasi beberapa macam gelombang.

Analisis gerak osilasi, gelombang bebas dalam medium satu dimensi, modulasi gelombang, gelombang elektromagnetik, perambatan gelombang dalam medium anisotropis, interferensi, difraksi.

Prasyarat : AFI 211-4

Pustaka :

 

AFI 222-3 Fisika Statistik 3 sks

(Statistical Physics)

Tujuan : Mahasiswa memahami penggunaan statistik dan fungsi distribusi dalam ilmu fisika untuk sistem klasik, semi klasik, maupun kuantum.

Ruang lingkup fisika statistik, anggapan dasar fisika statistik, pokok-pokok teori kebolehjadian yang diperlukan, gas ideal, distribusi kecepatan dan energi, perpindahan massa, energi dan momentum, ruang fase, postulat mekanika statistik, ansambel, statistik klasik, statistik kuantum.

Prasyarat :

Pustaka :

 

AFI 272-4 Fisika Matematika II 4 sks

(Mathematical Physics II)

Tujuan : Mahasiswa menguasai penggunaan fungsi kompleks untuk memecahkan berbagai permasalahan matematika seperti perhitungan integral dan pemecahan persamaan diferensial, berbagai konsep dan teknik untuk pemecahan persamaan diferensial biasa maupun persamaan diferensial parsial.

Fungsi kompleks, persamaan Cauchy-Riemann, teorema Couchy, deret Laurent, teorema residu, pemetaan konformal, pemecahan persamaan diferensial biasa dalam bentuk deret, fungsi-fungsi khusus, transformasi koordinat, transformasi integral, bentuk-bentuk PDP untuk proses-proses fisika yang umum, pemecahan PDP dengan metode separasi variabel.

Prasyarat : AFI 271-4

Pustaka :

 

AFI 241-3 Fisika Modern 3 sks

(Modern Physics)

Tujuan : Mahasiswa memahami pengertian teori relativitas khusus dan memahami pengertian sistem kuantum.

Pengantar teori relativitas, relativitas Newton dan transformasi Galileo, relativitas Einstein dan transformasi Lorentz, pancaran benda hitam, efek fotolistrik, sinar-X, efek Compton, gelombang de Broglie, asas Heisenberg, persamaan Schroedinger, model atom, atom hidrogen, atom berelektron banyak, ikatan ionik, ikatan kovalen, vibrasi dan rotasi molekul, spektrum molekul.

Prasyarat : AFI 211-4

Pustaka :

 

AFI 262-4 Elektronika Lanjut dan Optoelektronika 4 sks

(Intermediate Electronics & Optoelectronics)

Tujuan : Mahasiswa memahami berbagai konsep dasar dalam elektronika digital dan pemakaiannya.

Penguat instrumentasi, Penguat Jembatan, V/I converter, Filter Aktif, Gerbang Logika, Aljabar Boole, Logika Kombinasi, Karnaugh Map, Flip-Flog, Register, Decoder, Encoder, Multiplexer, Counter, A/D, D/A.

Prasyarat : AFI 261-4

Pustaka :

 

AFI 331-4 Listrik Magnet 4 sks

(Electromagnetism)

Tujuan : Mahasiswa menguasai berbagai konsep matematis tentang medan vektor seperti berbagai diferensial vektor dan integral vektor, dan penggunaannya pada gejala listrik

Teorema divergensi & teorema Stokes, hukum Coulomb, hukum Gauss, potensial, dipol, kuadrupol, multipol, persamaan Laplace dan Poisson, metode bayangan, metode pemisahan variabel, medan gravitasi, vektor polarisasi, muatan polarisasi, perpindahan listrik, (D) dan hukum Gauss untuk D, hukum Ohm.

Prasyarat : AFI 212-3

 

Pustaka :

 

AFI 342-4 Fisika Kuantum 4 sks

(Quantum Physics)

Tujuan : Mahasiswa memahami penerapan pengertian sistem kuantum pada sistem 1 dimensi sampai sistem 3 dimensi.

Fungsi gelombang, nilai harap, masalah nilai eigen, persamaan Schroedinger, masalah dimensi satu, masalah dimensi tiga, prinsip metoda perturbasi.

Prasyarat : AFI 241-3

Pustaka :

 

AMA 317-3 Statistika Dasar 3 sks

(Basic Statistics)

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep-konsep statistika dan penggunaannya untuk mengolah data.

Statistika elementer meliputi probabilitas, statistik, testing populasi normal, t-test, Chisquare-test, dan analisa variansi. Analisis data meliputi data mentah, interpolasi, metode least-square, analisis regresi, filtering, korelasi diri, korelasi silang, asosiasi silang, dan deret Fourie. Analisis peta mencakup distribusi titik data, contouring, trend surfaces, dan moving averages. Analisis data multivariabel meliputi statistik multivariabel, analisis diskriminan, regresi multipel, analisis faktor dan analisis kelompok.

Prasyarat : AMA 104-4

Pustaka :

 

 

AFI 351-4 Pendahuluan Fisika Zat Padat 4 sks

(Introductory Solid State Physics)

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep-konsep dasar dalam fisika zat padat.

Struktur kristal : kisi kristal, kisi Bravais, tipe dasar kisi kristal, indeks Miller, difraksi oleh kisi kristal, kisi resiprok, beberapa metoda penentuan struktur. Ikatan antar atom. Dinamika kisi kristal : gelombang elastik dan rapat moda getar, kalor jenis Einstein dan Debye, moda dan spektrum getaran, getaran kisi, fonon, daya hantar kalor, hamburan oleh fonon. Elektron dalam logam : model elektron bebas klasik, kaidah Wiiedemann-Franz, kalor jenis logam, suseptibilitas magnetik, model atom bebas terkuantisasi, kalor jenis gas elektron yang terdegenerasi, paramagnetisme Pauli, model konduktivitas listrik Sommerfeld, resonansi siklotron, efek Hall. Elektron dalam zat padat : teorema Bloch, pita energi, model Kronig-Penney, model elektron hampir bebas, daerah Brillouin, logam, isolator.

Prasyarat : AFI 241-3

Pustaka :

AFI 363-4 Eksperimen Fisika 4 sks

(Physics Experiments)

Tujuan : Mahasiswa memahami beberapa konsep fisika modern melalui eksperimen.

Dualisme partikel-gelombang, difraksi elektron, efek fotolistrik, kuantisasi tingkat energi, Frank-Hertz, sifat bahan/efek makroskopik, pengukuran resistivitas listrik (4 probe), aplikasi/teknik pengukuran, Interferometri

Prasyarat : AFI 241-3

Pustaka :

 

 

 

 

MKU 10-2 Bahasa Inggris 2 sks

(English)

Tujuan : Mengokohkan penguasaan keterampilan membaca dan memahami tulisan ilmiah berbahasa Inggris, serta melatih kemampuan dasar berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Merangkum tulisan dari buku dan majalah ilmiah, mendiskusikan makna yang terkandung di dalamnya.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AFI 332-4 Listrik Magnet Lanjut 4 sks

(Advanced Electromegnetism)

Tujuan : Mahasiswa menguasai konsep medan magnet, gelombang elektromagnetik, dan memahami perambatan gelombang elektromagnetik dalam pandu gelombang.

Hukum Biot-Savart, gaya Lorentz, potensial vektor (A), hukum Ampere, momen dipol magnetik, potensial skalar, magnetisasi, kutub magnet, intensitas magnetik, hukum Ampere untuk H, dia, para dan feromagnetisme, hukum Faraday dan hukum Lenz, histeresis, arus perpindahan, persamaan Maxwell, fungsi Green, vektor Poynting, pandu gelombang, relativitas : postulat relativitas khusus Einstein, transformasi Lorentz, vektor empat, bentuk kovarian dari persamaan Maxwell.

Prasyarat : AFI 331-4

Pustaka :

 

AFI 352-3 Fisika Semikonduktor 3 sks

(Semiconductor Physics)

Tujuan : Mahasiswa memahami beberapa konsep dalam fisika semikonduktor.

Sifat-sifat fisis semikondutor.Struktur kisi.Struktur pita semikonduktor.Fisika statistik semikonduktor. Difusi gejala transport dalam semikonduktor : persamaan Boltzmann dan pendekatan waktu relaksasi.Fonon.Proses-proses hamburan dalam semikonduktor.Perhitungan waktu relaksasi.Gejala kuantum dalam proses transport.

Prasyarat : AFI 351-4

Pustaka :

 

AFI 353-3 Pengantar Fisika Material 3 sks

(Introductory Materials Physics)

Tujuan : Mahasiswa memahami beberapa konsep dalam fisika material.

Sifat mekanik, termal, lisrik, magnet pada logam, polimer, keramik, dan kaitan pada stuktur molekular.

Prasyarat : AFI 351-4

Pustaka :

 

AFI 364-3 Eksperimen Fisika Lanjut 3 sks

(Intermediate Physics Experiments)

Tujuan : Mahasiswa menguasai pengetahuan instrumentasi sebagai dasar dalam teknologi masa kini dengan titik berat pada keterampilan sistem.

Digital to analog converter, analog to digital converter, sensor dan transducer, antar muka digital pada PC, programmable Logic Device (PLD).

Prasyarat : AFI 262-4

Pustaka :

 

AFI 391-2 Seminar I 2 sks

(Seminar I)

Tujuan : Mahasiswa dapat membaca tulisan ilmiah sehingga mampu memahami, memberi kritik, melakukan perbaikan terhadap suatu persoalan, dan melaporkannya dalam suatu seminar.

Studi pustaka dan presentasi topik pilihan dengan bimbingan tim dosen yang ditunjuk sebagai persiapan penulisan skripsi.

Prasyarat : Telah lulus minimal 75 sks.

 

Pustaka :

 

AFI 433-4 Optika Modern 4 sks

(Modern Optics)

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dalam optika modern.

Optika Fourier, teori koherensi, pengolahan citra optik, prinsip holograf; optika non-linear.

Prasyarat : AFI 212-3

PUSTAKA :

 

AFI 443-4 Pendahuluan Fisika Inti 4 sks

(Introductory Nuclear Physics)

Tujuan : Mahasiswa memahami beberapa konsep dalam fisika inti.

Sifat-sifat inti : massa, jari-jari, spin, momen magnetik, momen listrik. Energi ikat : model tetes zat cair, rumus massa Weizsacker, parabola massa. Sistem dua nukleon : gaya inti, struktur deuteron, teori hamburan, hamburan n-p. Radioaktivitas : hukum radioaktivitas, keseimbangan radioaktif, stabilitas init, peluruhan alfa, teori Gamow, peluruhan beta, spektrum beta, neutrino, teori Fermi, klasifikasi transisi beta, penangkapan elektron, ketidakkekalan paritas, peluruhan gamma, radiasi multipol, konversi dalam, efek Mossbauer. Reaksi inti : klasifikasi reaksi inti, mekanisme reaksi inti, model inti majemuk, model optik, reaksi langsung.

Prasyarat : AFI 351-4

Pustaka :

 

AFI 492-3 Skripsi I 3 sks

(Final Project I)

Tujuan : Mahasiswa memiliki kemampuan menelaah suatu topik pilihan secara mandiri dan menuliskannya dalam bentuk karya ilmiah.

Studi literatur, penulisan dan penyajian lisan dalam suatu pokok permasalahan di bidang ilmu komputer di bawah bimbingan staf pengajar.

Prasyarat : AFI 391-4

Pustaka : E.H.Ogden : Completing Your Doctoral Dissertation or Masterís Thesis, Technomic, 1991

 

ADK 402-2 Filsafat Pancasila dan Etika Profesi 2 sks

(Pancasila Philosophy & Professional Ethics)

Tujuan : Menelaah Pancasila sebagai sikap hidup, dan penerapannya sebagai etika profesi.

Rincian Pancasila sebagai unsur sikap hidup, liku-liku etika profesi, hak asasi manusia.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AFI 401-2 Biologi Umum 2 sks

(General Biology)

Tujuan : Mahasiswa memahami beberapa konsep pokok dalam Biologi untuk memperluas wawasan tentang sistem yang kompleks.

Struktur sel tanaman dan binatang, struktur gen, meiosis dan mitosis, mengenal jaringan tanaman dan binatang, organ tumbuhan dan binatang, mengenal sel darah, pendengaran, sistem pernafasan, penglihatan, angkutan dalam tumbuhan dan fotosintesis, membahas pembiakan vegetatif dan generatif, konsep ekosistem, arti lingkungan terhadap kehidupan, pemanfaatan sumber daya alam dalam ekosistem, biogeokimia.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

 

AFI 493-2 Seminar II 2 sks

(Seminar II)

Tujuan : Mahasiswa dapat mempresentasikan skripsi dengan baik.

Presentasi perkembangan/kemajuan skripsi yang telah didalami selama satu-dua semester di hadapan dosen dan mahasiswa Fisika.

Prasyarat : AFI 492-3

Pustaka : -

AFI 494-3 Skripsi II 3 sks

(Final Project II)

Tujuan : Mahasiswa memiliki kemampuan menelaah suatu topik pilihan di bawah bimbingan dosen dan menuliskannya dalam bentuk karya ilmiah

Skripsi II merupakan penelitian lanjut dan implementasi Skripsi I, dan penulisan laporan menurut format yang berlaku serta dipresentasikan dalam Ujian Skripsi.

Prasyarat : AFI 492-3

Pustaka : Sesuai dengan topiknya.