DESKRIPSI SINGKAT MATAKULIAH
Program Studi Matematika

 

MKU 03-2 Agama Katolik 2 sks

(Catholic Religion)

Tujuan : Memantapkan pengetahuan mahasiswa tentang dasar-dasar agama Katolik, agar mampu menerapkannya dalam hidup.

Dasar-dasar agama Katolik ; diskusi tentang penerapannya

Prasyarat : -

Pustaka :

 

MKU 04-2 Fenomenologi Agama 2 sks

(Phenomenon of Religion)

Tujuan : Menambah pengetahuan mahasiswa tentang konsep agama, asal-usul konsep agama, cirinya, dan tujuannya.

Pengantar umum ke dalam fenomenologi agama; Pemakaian istilah fenomenologi agama; Sejarah istilah; Fenomenologi agama dan sejarah agama-agama; Tokoh-tokoh besar dalam fenomenologi agama; Ciri-ciri pendekatan fenomenologi agama dan kritiknya; Pengalaman beragama; Agama dalam sorotan psikologi; Masalah kebebasan beragama; Dialog dan hubungan antar agama; Aturan permainan dalam dialog agama.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

MKU 02-2 Kewiraan 2 sks

(Civics)

Tujuan : Mahasiswa memahami konsep wawasan Nusantara dan ketahanan nasional dan menyadari sikap dan tata laku sebagai warga negara Indonesia.

Pengantar; Wawasan Nusantara; Ketahanan Nasional; POLSTRANAS; POLSTRAHANKAMNAS; SISHANKAMRATA.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

MKU 06-2 Ilmu Sosial Dasar 2 sks

(Introductory Social Studies)

Tujuan : Mahasiswa memahami akan stratifikasi dan dasar-dasar pergaulan dalam masyarakat, untuk dapat membawakan diri secara proaktif demi pengembangan masyarakat ke arah yang lebih baik.

Pengertian dan Kedudukan ISD dalam MKU; Nilai-nilai dasar ISD; Sistem sosial, struktur sosial, dan kelompok sosial dalam masyarakat Indonesia; Sistem sosial masyarakat Indonesia; Pelapisan sosial masyarakat Indonesia; Kemiskinan struktural masyarakat Indonesia.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AMA 190-2 Pengenalan Program Studi Matematika 2 sks

( Introduction to Mathematical Studies )

Tujuan : Mahasiswa dapat memperoleh gambaran umum mengenai program studi Matematika termasuk berbagai bidang keahlian yang tercakup dalam program studi Matematika serta beberapa cara untuk mempelajari Matematika .

Topik-topik pilihan untuk menumbuhkan dan mengembangkan apresiasi dan minat mahasiswa dalam mempelajari Matematika .

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AMA 141-4 Kalkulus I 4 sks

( Calculus I )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar kalkulus serta membangun pola berpikir yang logis, kritis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah sederhana dalam kalkulus .

Sistem bilangan real, pertaksamaan dan nilai mutlak, fungsi, limit dan kekontinuan fungsi, fungsi turunan, penggunaan turunan, grafik fungsi kontinu, diferensial, rumus Taylor, fungsi dua peubah, ekstrem fungsi dua peubah dan penerapannya

Prasyarat :

Pustaka :

 

AFI 105-3 Fisika I 3 sks

(Physics I)

Tujuan : Mahasiswa menguasai berbagai konsep serta prinsip-prinsip dasar fisika untuk mekanika dan termodinamika dalam bentuk deskripsi matematis dengan konsep vektor, fasor, kalkulus sederhana, serta integral vektor sederhana

Kinematika dan dinamika partikel : kerja-energi, momentum linear, impuls, tumbukan, konsep pusat massa. Konsep Gerak rotasi : benda tegar, momen inersia, momentum sudut, momen gaya. Mekanika fluida : statika fluida dan dinamika fluida. Kalor : perambatan kalor, teori kinetik gas, persamaan keadaan, hukum termodinamika, konsep entropi.

Praktikum Fisika Dasar I : Pengukuran Dasar, Pesawat Atwood, Elastisitas, Viskositas, Termodinamika.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

ITK 121-3 Kimia 3 sks

(Chemistry)

Tujuan : Mahasiswa menguasai konsep dasar dalam stoikiometri, energetika kimia, struktur atom, ikatan kimia, sistem periodik, kinetika kimia dan kesetimbangan kimia, untuk dapat memahami proses-proses kimia yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Stoikiometri; Energetika; Sistem periodik unsur; Larutan; Kesetimbangan; Reaksi redoks dan elektro kimia.

Prasyarat :

Pustaka :

 

MKU 08-2 Etika 2 sks

(Ethics)

Tujuan : Mahasiswa memahami akan tata laku yang baik dalam bermasyarakat, dan dasarnya, agar dapat menjadi warga negara yang baik.

Apa itu etika?; Kebebasan eksistensial dan kebebasan sosial; Kebebasan dan tanggung jawab; Otonomi moral berhadapan dengan tiga lembaga normatif; Kemutlakan suara hati, putusan dasar, dan putusan pilihan; Rasionalisasi kesadaran moral; Mengambil keputusan secara wajar; Tahap-tahap kesadaran moral menurut Lawrence Kohlberg; Pengantar ke etika normatif; Etika situasi lawan etika peraturan; Relativisme moral; Hedonisme, egoisme, dan etika pengembangan; Utilitarisme : jasa dan kekurangannya; Tiga prinsip etika normatif.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AMA 142-4 Kalkulus II 4 sks

( Calculus II )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar kalkulus serta membangun pola berpikir yang logis, kritis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah sederhana dalam kalkulus .

Teori integral, fungsi transenden, teorema dasar kalkulus, teknik pengintegralan, integral tak wajar, penerapan intergral untuk menghitung : luas daerah, volume, panjang busur, pusat massa, kerja, tekanan pada permukaan zat cair, Persamaan diferensial biasa orde satu dan dua serta penerapannya, Integral lipat dua, transformasi ke koordinat kutub dan penggunaannya.

Prasyarat : AMA 141-4

Pustaka :

 

AFI 106-3 Fisika II 3 sks

(Physics II)

Tujuan : Mahasiswa menguasai berbagai konsep serta prinsip-prinsip dasar fisika untuk listrik magnet, getaran, gelombang, serta fisika modern, dalam bentuk deskripsi matematis dengan konsep vektor, fasor, kalkulus sederhana, serta integral vektor sederhana.

Muatan listrik, gaya Coulomb, medan listrik, hukum Gauss, potential listrik, kapasitor dan dialektrik, arus searah, medan magnet, gaya Lorenz, hukum Biot-Savart, hukum Ampere, hukum Lenz, arus bolak-balik, getaran dan gerak harmonik sederhana, gelombang, efek Doppler, interferensi cahaya, difraksi kisi, interferensi pada lapisan tipis, polarisasi cahaya.

Prasyarat : AFI 105-3

Pustaka :

 

ITK 124-3 Kimia Lanjut 3 sks

(Intermediate Chemistry)

Tujuan : Mahasiswa dapat menggunakan konsep-konsep kimia yang pernah dipelajari untuk memahami berbagai pokok bahasan seperti kimia larutan, elektrokimia, kimia unsur, kimia karbon, sains material, Ilmu Kimia dan Kehidupan, Kimia Lingkungan dan Kimia Inti. Mahasiswa juga mampu mengapresiasi dampak pengetahuan kimia dalam sains, teknologi, dan masyarakat, serta peranannya dalam industri kimia.

Sifat larutan dan kimia koloid : larutan dan konsentrasi, sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit, aplikasi sifat koligatif, peranan koloid dalam kehidupan sehari-hari. Elektrokimia : reaksi redoks, sel elektrokimia, termodinamika sel Galvani, aplikasi sel Galvani dan sel elektrolisis. Kimia unsur : unsur-unsur non logam dan logam, peranan unsur-unsur dalam sains, teknologi dan masyarakat, zat-zat kimia anorganik dalam industri. Kimia karbon : gugus fungsi, senyawa C , C , C , C dalam industri, zat-zat organik dasar untuk industri. Sains material : metalurgi, logam dan paduan logam, material silikon (kaca, keramik, silikon murni dan chip), polimer. Ilmu Kimia dan kehidupan : protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat. Kimia lingkungan dan kimia inti : pencemaran air dan udara, zat beracun, industri kimia dan lingkungan, reaksi inti, aplikasi isotop.

Prasyarat: ITK 121-3

PUSTAKA :

 

AMA 191-3 Biologi 3 sks

( Biology )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami beberapa konsep dasar biologi

Biologi sebagai ilmu, teori asal kehidupan, sifat dan aktifitas benda hidup, struktur dan fungsi sel, monera, protista, metaphyta, metozoa, fisiologi organisme autrotrof dan heterotrof, fotosintesis, respirasi, metabolisme, respirasi sel, pemanfaatan energi.

Prasyarat :

Pustaka :

 

AMA 192-4 Pengantar Dasar Matematika 4 sks

( Introduction to Mathematics Foundation )

Tujuan : Mahasiswa memahami beberapa konsep dasar matematika mengenai bahasa dan logika matematika yang berkaitan dengan pembuktian dan penarikan kesimpulan

Bahasa dan logika matematika : tautologi, pembuktian, kuantor universal dan kuantor eksistensial, bahasa himpunan : himpunan dan operasi himpunan, relasi, fungsi dan pemetaan, ketakhinggaan, keterbilangan, ketakterbilangan, teorema Schroder Bernstein, teorema Cantor.

Prasyarat :

Pustaka :

 

 

AIK 192-3 Pemrograman Komputer 3 sks

(Computer Programming)

Tujuan : Mahasiswa memahami konsep-konsep dan teknik-teknik dasar pemrograman prosedural dengan bahasa PASCAL.

Pemrograman bahasa Pascal, meliputi : notasi, perbendaharaan kata, pernyataan-pernyataan, analisis, disain, pengkodean, tes, dokumentasi.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

MKU 10-2 Bahasa Inggris 2 sks

(English)

Tujuan : Mengokohkan penguasaan keterampilan membaca dan memahami tulisan ilmiah berbahasa Inggris, serta melatih kemampuan dasar berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Merangkum tulisan dari buku dan majalah ilmiah, mendiskusikan makna yang terkandung di dalamnya.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AMA 221-4 Aljabar Linear Elementer 4 sks

( Elementary Linear Algebra )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar aljabar linear dan dapat menyelesaikan masalah aljabar linear yang sederhana

Sistem persamaan linear, matriks dan operasinya, vektor di R2 dan R3, ruang vektor real, ruang hasil kali dalam, subruang, basis dan dimensi, basis ortogonal dan ortonormal, proses Gram-Schmidt, transformasi linear, matriks transformasi, nilai dan vektor karakteristik, diagonalisasi .

Prasyarat : AMA 142-4

Pustaka :

 

AMA 222-4 Metoda Diskret 4 sks

( Discrete Methods )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami beberapa konsep dasar metoda diskret

Induksi matematika, permutasi dan kombinasi, prinsip ekslusi-inklusi, fungsi pembangkit, hubungan rekursif, graph, teknik-teknik dasar kombinatorik dan penerapannya pada masalah sederhana

Prasyarat :

Pustaka :

 

AMA 241-4 Kalkulus III 4 sks

( Calculus )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar kalkulus serta membangun pola berpikir yang logis, kritis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah sederhana dalam kalkulus .

Fungsi gamma, fungsi beta, barisan dan deret : deret kuasa, deret Taylor dan Maclaurin, deret fungsi, uji konvergensi, konvergen seragam, turunan parsial dan penggunaannya pada masalah maksimum-minimum, fungsi-fungsi periodik, Deret Fourier, Integral Fourier, Transformasi Fourier.

Prasyarat : AMA 142-4

Pustaka :

 

AMA 271-3 Statistika Elementer 3 sks

( Elementary Statistics )

Tujuan : Mahasiswa mampu memahami konsep dasar statistika eksplorasi dan konfirmasi serta dapat menerapkannya dalam analisa data

Pola distribusi data, transformasi data, keterkaitan antar data, pengumpulan data, peluang dan ekspektasi, hukum bilangan besar, teorema limit pusat, logika statistika konfirmasi, analisis statistika sederhana.

Prasyarat :

Pustaka :

 

AIK 293-3 Pemrograman Komputer Lanjut 3 sks

(Intermediate Computer Progamming)

Tujuan : Mahasiswa memahami prinsip, penggunaan, dan pengembangan struktur data.

Prinsip, penggunaan dan pengembangan struktur data list; Rekursivitas; Penulisan algoritma penunjang struktur data, meliputi : multi level linked list, matriks jarang, tree, graph, backtracking method, greedy algorithm, divide dan conquer strategy.

Prasyarat : AMA 114-3, AIK122-3

Pustaka :

 

MKU 01-2 Pendidikan Pancasila 2 sks

(Pancasila Educations)

Tujuan : Memantapkan kesesuaian sikap dan tata laku mahasiswa dengan dasar negara Pancasila

Pemahaman Pancasila dan UUD 1945 untuk dihayati dan diamalkan sebagai filosofi bangsa dan dasar negara, yang melandasi ketentuan hukum dan arah pembangunan nasional untuk menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

 

 

AMA 242-4 Kalkulus Peubah Banyak 4 sks

( Multivariable Calculus )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep lanjut kalkulus dan terampil menyelesaikan masalah-masalah sederhana dalam kalkulus .

Fungsi dari R ke Rn , Fungsi dari Rn ke R, Fungsi dari Rn ke Rm, Integral lipat dua dan tiga, koordinat tabung dan bola, turunan sebagai transformasi linear, operator dalam medan skalar dan medan vektor, Integras garis, Integral Permukaan, Teorema Stokes, Teorema Green, Teorema Gauss.

Prasyarat : AMA 221-4 , AMA 241-4

Pustaka :

 

AMA 251-3 Metoda Numerik 3 sks

(Numerical Methods )

Tujuan : Mahasiswa mampu memahami beberapa metoda penyelesaian masalah secara numerik

Pengertian galat, penyelesaian persamaan tak linear, matriks dan sistem persamaan linear, pengintegralan, penghampiran kuadrat terkecil. Menyelesaikan masalah dengan bantuan program komputer tertentu .

Prasyarat : AMA 221-4 , AIK 192-3

Pustaka :

 

AMA 261-3 Pengantar Pemodelan Matematika 3 sks

( Introduction to Mathematical Modelling )

Tujuan : Mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memodelkan masalah-masalah sederhana dan mampu menyelesaikannya .

Pengertian model matematika, mengidentifikasi, memformulasikan dan mencari solusi model sederhana, contoh-contoh model matematika untuk masalah sederhana.

Prasyarat : AMA 221-4 , AMA 241-4

Pustaka :

 

AMA 262-4 Persamaan Diferensial Biasa 4 sks

( Ordinary Differential Equations )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep persamaan diferensial biasa , terampil menyelesaikan persamaan diferensial biasa serta mampu menerapkannya dalam masalah sederhana

Persamaan Diferensial Biasa dan contoh penyelesaiannya, persamaan diferensial linear peringkitan dan metoda penyelesaiannya. Sistem Persamaan Diferensial linear dengan koefisien konstan dan metoda penyelesaiaanya. Penyelesaian masalah nilai awal, kelakuan asimtotik penyelesaian sistem persamaan diferensial, kestabilan penyelesaian persamaan diferensial dan sistem persamaan diferensial .

Prasyarat : AMA 241-4

Pustaka :

 

AMA 272-3 Pengantar Statistika Matematika 3 sks

( Introduction to Mathematical Statistics )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami beberapa topik pendahuluan untuk mempelajari statistika matematika

Percobaan acak, peubah acak, fungsi kepadatan peluang, fungsi distribusi kumulatif, ekspektasi, fungsi pembangkit momen, ketaksamaan Chebyshev, beberapa konsep dasar teori peluang, peluang bersyarat, distribusi marginal, ekspektasi bersyarat, koefisien korelasi, bebas stokastik.

Prasyarat :

Pustaka :

 

AMA 321-4 Geometri 4 sks

( Geometry )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dari geometri Euclides dan bukan Euclides

Topik-topik dalam geometri Euclides dan bukan Euclides ditinjau dari sudut pandang yang luas

Prasyarat :

Pustaka :

 

AMA 322-4 Aljabar I 4 sks

(Algebra I )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep lanjut aljabar linear

Ruang vektor real atau kompleks, pemetaan linear dan representasi matriks, bentuk spektral dan dekomposisi Jordan.

Prasyarat : AMA 221-4

Pustaka :

 

AMA 331-4 Fungsi Kompleks 4 sks

( Functions of a Complex Variable )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep lanjut mengenai fungsi kompleks, sifat-sifatnya serta mengaplikasikannya pada masalah matematika sederhana.

Bilangan kompleks, fungsi kompleks, limit dan kekontinuan fungsi kompleks, persamaan Cauchy-Riemann, keanalitikan fungsi kompleks, Integral fungsi kompleks, deret kuasa, residu, pemetaan konformal dan fungsi harmonik.

Prasyarat : AMA 242-4

Pustaka :

 

AMA 371-4 Statistika Matematika I 4 sks

( Mathematical Statistics I )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami beberapa konsep dasar statistika matematika.

Beberapa fungsi densitas diskret : binomial, trinomial, multinomial, poisson . Beberapa fungsi densitas kontinu : Gamma, Khi-kuadrat, Normal, Normal bivariat, teori sampling, trasformasi peubah acak diskret dan kontinu, Distribusi t dan F, statistik terurut, distribusi sampel, distribusi limit, konvergen stokastik, teorema limit pusat.

Prasyarat : AMA 272-3

Pustaka :

 

MKU 09-2 Bahasa Indonesia 2 sks

(Indonesian Language)

Tujuan : Mahasiswa dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan karya ilmiah.

Pengarahan umum; Fungsi dan ragam bahasa; Bahasa baku dan nonbaku; Ejaan; Tata kalimat; Bentuk dan pilihan kata; Paragraf; Penulisan Karya ilmiah; Bahasa dan tata tulis surat.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

AMA 323-4 Aljabar II 4 sks

(Algebra II )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar berbagai struktur aljabar dan menyelesaikan masalah aljabar sederhana

Grup : operasi, subgrup, koset, subgrup normal, grup kuosien, teorema sylow, gelanggang, daerah integral, lapangan hasil bagi, lapangan, ideal kiri, ideal kanan, ideal, ideal prim, ideal maksimal, daerah Euclides, daerah ideal utama, daerah faktorisasi tunggal, suku banyak

Prasyarat : AMA 322-4

Pustaka :

 

AMA 332-4 Analisis I 4 sks

( Analysis I )

Tujuan : Mahasiswa memahami beberapa konsep dasar dalam analisis terutama yang berkaitan dengan analisis real

Tinjauan ulang himpunan dan sistem bilangan real, barisan bilangan real, kekonvergenan , barisan cauchy, limit superior dan inferior, deret bilangan real dan kekonvergenan pada ruang metrik, himpunan buka, tutup, tersambung, terbatas, himpunan lengkap dan kompak, fungsi kontinu yang didefinisikan pada ruang metrik .

Prasyarat : AMA 242-4

Pustaka :

 

AMA 372-4 Statistika Matematika II 4 sks

( Mathematical Statistics )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar statistika matematika terutama yang berkaitan dengan penahsiran parameter dan uji hipotesa .

Taksiran titik , ukuran kualitas penaksir . Taksiran selang : selang kepercayaan untuk mean , selang kepercayaan beda mean dua populasi , taksiran untuk variansi . Konsep uji hipotesa , beberapa uji terbaik , uniformly most powerful test , Uji rasio Likelihood , Statistika cukup ; Teorema Rao-Blackwell , Kecukupan dan ketunggalan , Ketaksamaan Rao-Cramer , Kecukupan ,kelengkapan dan bebas stokastik .

Prasyarat : AMA 371-04

Pustaka :

 

AMA 374-3 Statistika Non Parameter 3 sks

(Nonparametric Statistics)

Tujuan : Memahami konsep inferensi dengan metoda statistika nonparameter

Beberapa pengujian berdasarkan distribusi binomial , tabel kontingensi , beberapa metoda statistika non parameter untuk pengujian hipotesa

Prasyarat : AMA 371-4

Pustaka :

 

AMA 390-2 Seminar 2 sks

(Seminar)

Tujuan : Mahasiswa dapat membaca untuk memahami , memberi kritik , melakukan perbaikan terhadap suatu persoalan, dan melaporkannya dalam suatu seminar.

Studi pustaka terhadap topik pilihan dengan bimbingan tim dosen yang ditunjuk sebagai persiapan penulisan skripsi

Prasyarat : Telah lulus minimal 75 sks

Pustaka :

 

AMA 391-3 Kapita Selekta I 3 sks

Special Topic I

Tujuan : Mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu topik atau wawasan yang lebih luas terhadap perkembangan ilmu matematika

Topik-topik pilihan yang berisi pendalaman suatu topik tertentu yang telah diberikan sebelumnya atau topik-topik matematika yang relatif baru per-kembangannya

Prasyarat : Disesuaikan dengan topik yang dipilih

Pustaka :

 

AMA 392-3 Kapita Selekta II 3 sks

Special Topic II

Tujuan : Mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu topik atau wawasan yang lebih luas terhadap perkembangan ilmu matematika

Lihat AMA 391-3

Prasyarat :

Pustaka :

 

 

ADK 402-2 Filsafat Pancasila dan Etika Profesi 2 sks

(Pancasila Philosophy & Professional Ethics)

Tujuan : Menelaah Pancasila sebagai sikap hidup, dan penerapannya sebagai etika profesi.

Rincian Pancasila sebagai unsur sikap hidup, liku-liku etika profesi, hak asasi manusia.

Prasyarat : -

PUSTAKA :

 

AMA 431-4 Analisis II 4 sks

( Analysis II )

Tujuan : Mahasiswa memahami beberapa konsep dasar dalam analisis terutama yang berkaitan dengan analisis real

Integral Riemann , keujudan , sifat dasar, teorema dasar kalkulus ; Integral Riemann-Stieljes, fungsi monoton, variasi terbatas, keujudan, sifat dasar, pengintegralan parsial, barisan dan deret fungsi , kekonvergenan titik demi titik , kekonvergenan seragam, Pendiferensialan dan pengintegralan deret fungsi, Ruang metrik C(a,b) , Penghampiran dengan polinom, Teorema Arzela , Teorema keujudan Picard.

Prasyarat : AMA 332-4

Pustaka :

 

AMA 461-4 Pemodelan Matematika 4 sks

(Mathematical Modelling)

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep pemodelan matematika dan memiliki keterampilan membangun model matematika dari masalah nyata yang sederhana .

Pengertian model dan proses pembentukan model matematika yang menyangkut model statis-dinamis , deterministik-stokastik , Topik-topik penggunaan matematika untuk pemodelan dalam berbagai bidang , seperti fisika , biologi , ekonomi , penelitian operasional dll.

Prasyarat : AMA 242-4 , AMA 372-4

Pustaka :

 

AMA 470-3 Proses Stokastik 3 sks

(Stochastic Processes)

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar proses stokastik dan memiliki keterampilan untuk menyelesaikan masalah stokastik sederhana

Proses stokastik , Proses normal , proses stasioner , counting processes , proses Poisson , renewal counting processes , rantai markov dengan parameter diskret , rantai markov dengan parameter kontinu , Proses kelahiran-kematian , teori antrian , penerapannya pada model-model stokastik.

Prasyarat : AMA 372-4

Pustaka :

 

AMA 471-3 Analisis Regresi Terapan 3 sks

(Applied Regression Analysis)

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar analisis regresi dan memiliki keterampilan untuk menerapkannya dalam menganalisa data

Regresi linear sederhana , korelasi , model regresi dengan dua faktor , model regresi dalam bentuk matriks , pemeriksaan sisa , pemilihan model regresi terbaik , dummy variabel pada model regresi , kolinearitas , model non linear , beberapa metoda alternatif untuk menaksir koefisien regresi

Prasyarat : AMA 372-4

Pustaka :

 

 

 

AMA 472-3 Teknik Sampling dan Survey 3 sks

( Survey and Sampling Techniques )

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar penarikan sampel dan survey serta memiliki keterampilan untuk membuat rancangan penarikan sampel

Sampling acak sederhana , sampling acak stratifikasi , penaksiran rasio dan analisis regresi , sampling sistematik , sampling cluster satu tahap dan dua tahap , sampling sekuensial dan penentuan dasar sampel

Prasyarat : AMA 372-4

Pustaka :

 

AMA 473-3 Statistika Inferensi 3 sks

(Statistical Inference)

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep lanjut mengenai penarikan kesimpulan secara statistika

Distribusi sampel , penaksiran parameter beserta sifat-sifatnya, pengujian hipotesa dengan Neyman-Pearson , pengantar model linear , pengantar analisis regresi dan analisis variansi dengan maximum likelihood , pengantar teori antrian , pengamatan sekuensial

Prasyarat : AMA 372-4

Pustaka :

 

AMA 474-3 Perancangan Percobaan 3 sks

(Experimental Design)

Tujuan : Mahasiswa dapat memahami konsep dasar perancangan suatu eksperimen dan dapat menerapkannya pada masalah nyata

konsep peancangan percobaan , perancangan satu faktor tanpa pembatasan pengacakan , rancangan blok acak , percobaan faktorial , faktor kualitatif dan kuantitatif , model fixed, random dan campuran , percobaan nested & faktorial nested , perancangan split-plot , confounding , replikasi , polinom ortogonal dan beberapa penerapan rancangan percobaan pada perbaikan kualitas yang berkaitan dengan teknik taguchi .

Prasyarat : AMA 271-4

Pustaka :

 

AMA 491-3 Skripsi I 3 sks

(Final Project I )

Tujuan : Mahasiswa memiliki kemampuan menelaah suatu topik pilihan secara mandiri dan menuliskannya dalam bentuk karya ilmiah

Penelaahan suatu topik pilihan secara mandiri didampingi oleh dosen pembimbing dan hasilnya dituliskan dalam bentuk karya tulis ilmiah yang disebut skripsi serta dikomunikasikan forum ilmiah yang dihadiri oleh beberapa orang dosen penguji.

Prasyarat : Telah lulus minimal 100 sks dari 144 sks yang disyaratkan

Pustaka : Sesuai dengan topiknya

 

MKU 05-2 Ilmu Budaya Dasar 2 sks

(Basic Cultural Studies)

Tujuan : Mahasiswa memahami dasar-dasar budaya dan sejarah Indonesia, untuk dapat mengenali akar masalah bangsa dan jaman masa kini, sehingga dapat memiliki wawasan yang cukup luas dan merancang pemecahan masalah budaya secara mendasar.

Manusia dan kebudayaan; Kerangka kebudayaan; Fenomenologi; Delapan dari Tiga Belas aspek kemanusiaan; Latar belakang kebudayaan manusia; Sejarah perkembangan kebudayaan; Kontak budaya; Dampak kontak budaya; Kebudayaan nasional Indonesia.

Prasyarat : -

Pustaka :

 

 

AMA 492-3 Skripsi II 3 sks

(Final Project II )

Tujuan : Mahasiswa memiliki kemampuan menelaah suatu topik pilihan secara mandiri, menuliskannya dalam bentuk karya ilmiah, dan merepresentasikannya pada Ujian Skripsi.

merupakan kelanjutan AMA 491-3

Prasyarat : AMA 491-3

Pustaka : Sesuai dengan topiknya.

 

AMA 493-3 Kapita Selekta III 3 sks

Special Topic III

Tujuan : Mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu topik atau wawasan yang lebih luas terhadap perkembangan ilmu matematika

Lihat AMA 391-3

Prasyarat :

Pustaka :

 

AMA 494-3 Kapita Selekta IV 3 sks

Special Topic IV

Tujuan : Mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu topik atau wawasan yang lebih luas terhadap perkembangan ilmu matematika

Lihat AMA 391-3

Prasyarat :

Pustaka :

AMA 495-3 Kapita Selekta V 3 sks

Special Topic V

Tujuan : Mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu topik atau wawasan yang lebih luas terhadap perkembangan ilmu matematika

Lihat AMA 391-3

Prasyarat :

Pustaka :

 

 

 

AMA 496-3 Kapita Selekta VI 3 sks

Special Topic VI

Tujuan : Mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu topik atau wawasan yang lebih luas terhadap perkembangan ilmu matematika

Lihat AMA 391-3

Prasyarat :

Pustaka :