DASAR-DASAR PENGORGANISASIAN

 

Pengertian Pengorganisasian

Pengorganisasian merupakan proses merinci, membedakan, mengelompokan dan menyatukan berbagai macam pekerjaan yang ada pada suatau kegiatan atau usaha ke dalam satu tujuan yang sama oleh seseorang yang memiliki tugas khusus.

Cara-cara Pengorganisasian

Cara pengorganisasian yaitu menyaring mengunakan pertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan jawaban yang tepat.Tahap-tahap pengorganisasian meliputi :

Pertanyaannya : Pekerjaan apa saja yang terdapat dalam kegiatan atau usaha itu..?

Pertanyaannya : adakah perbedaan dan persamaan pekerjaan-pekerjaan itu..?

Pertanyaannya : pekerjaan-pekerjaan mana saja yang memiliki persamaan dan saling berhubungan sehingga dapat di kerjaakan oleh satu orang..?

Pertanyaannya : apakah tujuan yang dapat di capai bersama dengan pekerjaan-pekerjaan itu..?

Pertanyaannya : tanggung jawab atau jabatan apakah yang cocok menjadi nama untuk sekelompok pekerjaan-pekerjaan itu..? Siapa yang cocok memimpin pekerjaan-pekerjaan itu..?

Pertanyaannya : tugas khusus apakah yang harus di kerjakan orang itu untuk mengarahkan pekerjaan itu supaya dapat berjalan lebih lancar dalam membantu pihak-pihak yang di layani..?

Contoh cara Pengorganisasian

Usaha ataukegiatan yang akan kita uraikan adlah usaha simpan pinjam di RW.....Kelurahan Kebon Pisang Sumur Bandung.Tahapan-tahapan yang akan kita lakukan adalah dengan mengikuti tahapan-tahapan yang telah kita ketahui bersama yang telah kita uraikan di atas.

Pertanyaannya : Pekerjaan apa saja yang terdapat dalam kegiatan atau usaha simpan pinjam..? Pekerjaan-pekerjaan yang terdapat dalam simpan pinjam adalah :

1. 11.
2. 12.
3. 13.
4. 14.
5. 15.
6. 16.
7. 17.
8. 18.
9. 19.
10. 20.

Pertanyaannya : adakah perbedaan dan persamaan pekerjaan-pekerjaan itu..?

Pertanyaannya : pekerjaan-pekerjaan mana saja yang memiliki persamaan dan saling berhubungan sehingga dapat di kerjakan oleh satu orang

Beri tanda pekerjaan-pekerjaan yang memiliki persamaan. Misalnya dengan mengunakan huruf A,B,C,D dan seterusnya.

Pertanyaannya : apakah tujuan yang dapat dicapai bersama dengan pekerjaan-pekerjaan itu. Tujuan yang dapat dicapai bersama dengan pekerjaan-pekerjaan itu, untuk membantu pihak yang dilayani, adalah :

Kelompok

Pihak Yang Dilayani

Tujuan

     
     
     
     
     
     
     
     
     

Pertanyaanya : tanggung jawab atau jabatan apakah yang cocok menjadi nama untuk sekelompok pekerjaan-pekerjaan itu..? Siapa yang cocok memimpin pekerjaan-pekerjaan itu..?

Kelompok

Jabatan

Pejabat

     
     
     
     
     
     
     
     
     

Pertanyaannya : tugas khusus apakah yang harus di kerjakan orang itu untuk mengarahkan sekelompok pekerjaan itu supaya dapat berjalan lebih lancar dalam membantu pihak-pihak yang dilayani..?

Tugas khusus yang harus di kerjakan orang itu untuk mengarahkan sekelompok pekerjaan yang di pimpinnya supaya dapat  berjalan lebih lancar dalam membantu piha-pihak yang di layani adalah :

Jabatan

Tugas Khusus

   
   
   
   
   
   
   
   
   

Selanjutnya, kita dapat mengambarkan organisasi tersebut dalam suatu bagan struktur organisasi.